Tazkiyyah 14: Amalan yang Dapat Melebur Dosa

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Amalan yang Dapat Melebur Dosa

Oleh: DR. Moh Abdul Kholiq Hasan el-Qudsy


Kaum Muslimin yang Berbahagia,
Sebagaimana kita ketahui bahwa di antara rahmat Allah bagi hamba-Nya adalah Allah berkenan menerima kembali hamba-Nya yang mau bertaubat. Taubat dari dosa hukumnya adalah wajib. Baik dari dosa kecil maupun besar. Namun para ulama menjelaskan bahwa dosa-dosa besar tidak bisa dilebur secara otomatis kecuali dengan menyatakan taubat nasuha. Adapun dosa-dosa kecil yang tidak disengaja dilanggengkan, terdapat amalan-amalan yang bisa meleburnya, selain dengan taubat. Semua itu merupakan rahmat Allah swt yang begitu besar kepada hamba-Nya. Maha benar Allah dalam kalam-Nya, "... dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertaqwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami". (QS. Al-`Araf:156)
Hadirin yang berbahagia,
Berikut ini beberapa amalan yang dapat melebur dosa-dosa kecil, di antaranya adalah (lih: The Power of Tobat, Moh Abdul Kholiq Hasan, 151-165):
1.   Shalat Lima Waktu & Jum'at,"Shalat lima waktu, shalat Jum'at ke Jum'at beri-kutnya merupakan pelebur dosa di antara keduanya, selama dosa besar dijauhi". (HR. Muslim).

2.   Puasa Ramadhan, “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhori).

3.   Shalat Dua Raka'at dengan Khusyu', "Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, ke-mudian shalat dua raka'at tanpa berbicara dalam dirinya, niscaya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari).

4.   Shalat Malam Bulan Ramadhan, "Barangsiapa sholat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu".(HR. Bukhari).

5.   Shalat pada Malam Lailatul Qadar, “Barangsiapa shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari).

6.   Sakit Demam, "Janganlah mencela demam, karena ia dapat menghilangkan kesalahan-kesalahan anak Adam …". (HR. Muslim)

7.   Puasa ‘Arafah, "Puasa pada hari ‘Arafah, aku berharap kepada Allah subhanahu wata’ala semoga menghapuskan (dosa-dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang". (HR.Tirmidzi, Ibnu majah dan al-Hakim).

8.   Ucapan Amin bersama Imam, "Apabila Imam mengucapkan, “Amin”, maka ucapkanlah, “Amin, juga,” karena barangsiapa yang ucapan aminnya bertepatan dengan ucapan Malaikat, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ".(HR. Bukhari dan Muslim).

9.   Sabar terhadap musibah, " Tidaklah suatu musibah menimpa seorang muslim baik berupa malapetaka, kegundahan, rasa letih, kesedihan, rasa sakit, kesusahan sampai-sampai duri yang menusuknya kecuali Allah akan melebur dengannya kesalahan-kesalahannya"        (HR. Bukhari).

10.  Wudhu yang Bagus (Sempurna), "Barangsiapa yang berwudhu dan melakukannya dengan baik, kesalahan-kesalahannya akan keluar dari badannya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya". (HR. Muslim).

11.  Shalat Berjama'ah, “Barangsiapa berwudhu untuk mendirikan sho-lat, lalu ia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan untuk melak-sanakan sholat wajib, lalu ia mengerjakan sholat bersama orang-orang atau secara berjama'ah (di masjid), maka Allah subhanahu wata’ala akan mengampuni dosa-dosanya" (HR. Muslim).

12.     Menunaikan ibadah Umrah, “Umrah yang satu ke 'umrah berikutnya merupakan melebur dosa (hari-hari) di antara keduanya". (HR. Bukhari).

13.     Menyingkirkan Gangguan, “Ketika seseorang sedang berjalan di suatu jalan, tiba-tiba ia melihat sebatang duri menghalangi jalan lalu ia menyingkirkannya, maka Allah subhanahu wata’ala berterima kasih kepadanya dan mengampuni (dosa)nya". (HR. Muslim).

14.     Haji Mabrur. "Barangsiapa yang menunaikan ibadah haji ka-rena Allah subhanahu wata’ala, kemudian dia tidak berkata keji dan berbuat fasiq, maka ia kembali (bersih dari dosa) seperti hari ketika ia dilahirkan ibunya". (HR. Bukari Muslim).

15.     Mati Syahid, Rasulullah shallahu’alaihi wasallam bersabda, "Segala dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang”     (HR. Muslim).

Semoga kita termasuk orang-orang yang dimudahkan Allah untuk melaksanakan amalan-amalan di atas dengan baik. Amin.

Komentar

  1. trimakasih atas info nya, saya merasa terbantu,Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tafsir Surat An-Nisa' (4): Ayat 2-3

Tafsir Surat Ali-Imron (3): Ayat 188-191

Tafsir Surat Ali-Imron (3): Ayat 192-194